Rabu, 27 April 2011

Helm INK Pakai “Spion”


PT Tarakusuma Indah (TI) memperkenalkan tiga model helm unik. Salah satunya adalah helm yang punya fitur layaknya kaca spion, yakni INK Spy Hacker. Selain INK Spy Hacker, TI juga merilis INK Mirage dan KYT Yaris.

INK Spy Hacker merupakan helm pertama di Indonesia yang mengaplikasikan fitur Integrated Prism Mirror System. Pengguna helm ini cukup mengarahkan sedikit saja pandangan ke arah atas dari visor, maka akan terlihat pandangan nyata dari situasi di belakang si pengendara tersebut.

“Spy Hacker secara umum dibuat untuk turing. Helm ini cocok dipakai untuk road captain atau sweeper saat turing. Tapi kalau untuk racing bisa dicoba. Namun kalau untuk racing dengan top speed orang akan konsen ke race, tidak akan melihat kebelakang atau kanan-kiri,” ujar Henry Tedjakusuma, Direktur TI pada gelaran Jakarta Motorcycle Show (JMCS), di Jakarta Convention Center, Rabu (3/11)

Helm Spy Hacker diperuntukan bagi pengendara motor tanpa boncenger. Jika boncengan, maka view spion helm akan terhalang penumpang di belakang. Meski terdapat prisma view, bukan berarti fitur tersebut sebagai replacement spion motor. Untuk melihat ke belakang atau kanan-kiri, yang safety tetap mengandalkan spion motor. Jarak pandang efektif helm tersebut adalah 4 meter.

Ketika ditanya apakah fitur kaca spion tersebut mengganggu konsentrasi, Henry mengatakan, “Bicara safety, maka kita harus pakai helm yang safety juga. Unsur safety saya kira sangat tergantung dari attitude juga. Jadi tidak hanya helm, yang penting adalah perilaku berkendara”.

Helm yang rencananya dipasarkan tahun 2012 ini dibanderol Rp 850 ribu (harga retail), dan ukuruan terkecil hanya “L”.

Produk premium lain yang dikeluarkan TI adalah INK Mirage. Helm ini mengaplikasi Integrated-Modullar Double Visor. Untuk harga, helm berlisensi Eropa ini tidak jauh berbeda dengan INK Spy Hacker.

“Kami hanya introduce helm ini dulu. Tapi akan ada penyesuaian fitur bila nanti dipasarkan. Fitur-fiturnya akan kami edit dan tambahkan,” ungkap Henry.

Sementara produk lainnya yang diperkenalkan adalah KYT Yaris. Helm open face ini menyasar segmen lady bikers. Boleh dibilang helm ini cukup unik, karena desain dalamnya disesuaikan dengan kepala wanita.

Batok helm KYT Yaris didesain sedemikian rupa, sehingga memiliki sedikit ruang tambahan yang lebih memberikan kenyamanan bagi pengendara wanita. Terutama lady bikers yang memiliki rambut panjang maupun wanita berjilbab. Meski begitu, bikers pria juga tidak diharamkan memakai helm ini..

“Jadi helm ini untuk menjawab kebutuhan pengendara motor wanita, dimana bentuk konturnya disesuaikan dengan problem rambut wanita. Helm ini cocok untuk harian,” ucap Henry. Helm KYT Yaris dijual sekitar Rp 200 ribuan.

Seperti diketahui, TI adalah produsen dari helm merk INK, KYT, MDS, BMC dan HIU. Perusahaan ini juga sebagai pemegang lisensi dan distribusi merk-merk helm AGV, Arai, Bell dan Vemar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar